Informasi Seputar Fakultas Ekonomi Unitri
Jl. Telaga Warna Tlogomas, Malang
Mon-Sat: 08:00 - 15:00
18 Dec 2023

KUPAS PELUANG DAN TANTANGAN PROFESI DI ERA DIGITAL, PRODI AKUNTANSI DAN HIMAKA UNITRI GELAR SEMINAR NASIONAL

Malang- Menjelang Dies Natalis yang ke-21, Program studi Akuntansi Bersama Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMAKA) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang menggelar Kegiatan Seminar Nasional dengan tema “Peluang dan Tantangan Kerja Profesi Akuntansi dan Prospek Kerja Mahasiswa Akuntansi di Era Digital” di Gedung Olahraga UNITRI pada Senin (18/12).

Tujuan utama dari seminar ini adalah bagaimana mengkaji dan mendiskusikan terkait isu strategis nasional dan peluang kerja di era digital saat ini dari paradigma Akuntansi.

Seminar Nasional ini menghadirkan dua pemateri yakni, Adi Dermawan Ervanto, CPA yang membahas materi terkait “Peran Akuntansi dan Strategi untuk Mencapai Keunggulan Kompetitif dalam Era Digital” dan Rudy Mikiyanto Kusumo, CPA yang menjelaskan materi tentang “Menimbang Menjadi Akuntan Publik Sebagai Pilihan Profesi di Era Digital”.

Pemaparan dari pemateri yang sangat luar biasa membuat acara ini menjadi sangat bermanfaat untuk peserta dan para mahasiswa khususnya program studi Akuntansi di era digital ini. Mahasiswa terlihat antusias dan semangat dalam mendiskusikan soal-soal dari pemateri apalagi ada beberapa mahasiswa yang saat ini sedang merintis bisnis kecil-kecilan.

Ketua Himpunan Mahasiswa Akuntansi, Yohanes Francisco Toti berharap melalui seminar ini peserta diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman, memperluas jaringan profesional, mendorong inovasi dan pengembangan terutama di bidang ilmu Akuntansi.

“Pesan saya, teman-teman semua manfaatkan kesempatan ini sepenuhnya, untuk belajar dan berbagi pengalaman tentang prospek kerja Akuntansi di era digital sehingga nantinya ilmu yang diperolah bisa diterapkan di dunia kerja” tutupnya.

Turut hadir Dekan Fakultas Ekonomi Dr. Willy Tri Hardianto, S. Sos, MM, MAP yang membuka acara seminar tersebut dan juga hadir Kepala program studi Akuntansi UNITRI, Dr. Hendrik Suhendri, S.E., M.SA,CSRA serta beberapa dosen Prodi Akuntansi. Total peserta yang mengikuti seminar tersebut yaitu 264 orang terdiri dari mahasiswa Angkatan 2020-2023. (HUMAS)

11 Nov 2023

YUDISIUM FAKULTAS EKONOMI UNITRI, DEKAN BERPESAN JANGAN LUPAKAN ALMAMATER

MALANG – Fakultas Ekonomi Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang melaksanakan yudisium periode semester ganjil 2023/2024 di Graha Utama, Sabtu (11/11). Fakultas Ekonomi meluluskan sebanyak 34 mahasiswa yang terbagi di program studi Manajemen dan Akuntansi.

Dekan Fakultas Ekonomi Dr. Willy Tri Hardianto, S. Sos, MM, MAP berpesan kepada lulusan untuk mempersiapkan diri menapaki dunia kerja. Serta di awal yang baru ini, diharapkan para lulusan dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat selama masa studinya ke dunia kerja yang sudah lama diimpikan,

“Ini adalah langkah awal setelah menempuh studi kalian akan dihadapkan pada dunia nyata sesungguhnya. Selamat atas prestasi yang sudah di raih oleh seluruh peserta yudisium Fakultas Ekonomi, sukses selalu nanti kabari kami ketika kalian sudah bekerja dimana pun semangat berkarya. Jangan lupakan almamater” ungkapnya

Beliau menambahkan kepada lulusan untuk menyampaikan kabar baik hari ini kepada keluarga dan teman dekat di kampung halaman. Ia juga mewakili seluruh dosen Fakultas Ekonomi memohon maaf apabila selama perkuliahan di kampus mungkin ada sesuatu hal yang kurang.

“Sampaikan kabar baik ini ke keluarga dan teman dekat kalian bahwa hari ini merupakan perjuangan panjang anda selama kurang lebih 4 tahun. Saya harap adik-adik atau teman kalian bisa meneruskan jejak kalian di Fakultas Ekonomi ini” jelasnya.

Selain itu, predikat mahasiswa terbaik program studi Manajemen diraih Rizal Adi Kurniawan, SM dengan IPK 3.88, sedangkan mahasiswa terbaik program studi Akuntansi diraih Novita Reseli Bili, S.Ak dengan IPK 3.77. (HUMAS)

25 Sep 2023

KEGIATAN BENCHMARKING FAKULTAS EKONOMI UNITRI DAN FIBI IAIN MADURA HASILKAN KERJASAMA ANTAR PRODI

MALANG – Bertempat di Ruang Sidang Lantai dua Gedung Rektorat Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang, Kamis (14/9) Fakultas Ekonomi mendapatkan kunjungan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FIBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Kunjungan tersebut juga ditujukan untuk kegiatan benchmarking dan kerjasama antar kedua belah pihak.

Saat menerima kunjungan, turut hadir Dr. Willy Tri Hardianto, S.Sos., MM., MAP (Dekan Fakultas Ekonomi), Dr Ahmad Mukoffi, S.E., M.S.A (Wakil Dekan Fakultas Ekonomi), Rizki Aprilia Dwi Susanti, S.E., MM (Ka Program Studi Manajemen), Dr Hendrik Suhendri, S.E., M.SA (Ka Program Studi Akuntansi), Pramono Sasongko, S.TP., M.P., M.Sc (kabiro Akademik), Dr Zuhdi Ma’sum, ST., MT (Kabiro Kemahasiswaan) hingga seluruh dosen di lingkup Fakultas Ekonomi.

Dr. Willy Tri Hardianto, S.Sos., MM., MAP (Dekan Fakultas Ekonomi) mengucapkan selamat datang kepada seluruh rombongan FIBI IAIN Madura di kampus UNITRI. Beliau berharap, nantinya diskusi yang terjalin dapat berjalan dengan baik dan kerjasama UNITRI dengan FIBI IAIN segera dilaksanakan.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FIBI IAIN) Madura, Dr H Zainal Abidin, MEI mengungkapkan, tujuan awal pihaknya berkunjung ke UNITRI adalah untuk belajar terkait bagaimana merancang penelitian hingga mencari mitra kolaboratif yang mana diharapkan dapat saling berkesinambungan.

“Mudah-mudahan kegiatan kerjasama nantinya dapat bermanfaat bagi kami dan UNITRI. Kami berharap silaturahmi kita dapat terus berlanjut, sehubungan dengan kolaborasi kita yang juga terus berjalan.”

Dalam kegiatan tersebut, hadir lengkap seluruh jajaran FIBI IAIN seperti Kepala Program Studi hingga Gugus Jaminan Mutu. Selain diskusi dan penyamaan persepsi, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan Penandatanganan MoU antara FIBI IAIN dengan Fakultas Ekonomi UNITRI, dilanjutkan dengan penandatangan PKS antara Prodi Managemen dan Prodi Akuntansi UNITRI dengan seluruh Prodi di bawah naungan FIBI IAIN. (HUMAS)

25 Sep 2023

KOLABORASI DENGAN CIMB NIAGA, FAKULTAS EKONOMI UNITRI GELAR SEMINAR LITERASI KEUANGAN

MALANG – Guna memberikan pemahaman kepada Mahasiswa akan pentingnya literasi keuangan di era digital saat ini, Fakultas Ekonomi Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang berkolaborasi dengan CIMB Niaga menggelar seminar literasi keuangan, Jumat (15/9). Kegiatan ini diikuti oleh ratusan mahasiswa dan berlangsung di Gedung Olah Raga (GOR) UNITRI Malang.

Dalam kegiatan tersebut, dihadirkan dua pemateri handal yakni Nurul H Latief (Branch Manager CIMB Niaga) dan Sachara Mundzir (Manager CIMB Niaga). Keduanya membagikan materi berkaitan dengan pentingnya generasi saat ini untuk mulai mengedukasi diri agar tidak salah dalam mengelola keuangan. Pasalnya, di tengah arus teknologi yang serba canggih, investasi bodong, pinjaman online hingga kejahatan digital tidak dapat dihindari begitu saja.

“Diperlukan pemahaman dan literasi bagi generasi muda dalam mengelola keuangannya. Karenanya CIMB Niaga hadir di UNITRI untuk memberikan pemahaman tersebut.”

Seperti diketahui, kegiatan kolaborasi Fakultas Ekonomi UNITRI dengan CIMB Niaga ini berlangsung cukup cepat setelah sebelumnya kedua belah pihak melakukan penandatanganan MoU dan Perjanjian Kerjasama di Ruang Sidang pada Rabu (23/8) lalu. Kerjasama tersebut diharapkan memperkuat upaya terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Peningkatan Sumber Daya Manusia.

Selain kegiatan literasi keuangan, CIMB Niaga juga akan memberikan cashback kepada mahasiswa dan dana keuangan bagi mahasiswa yang akan didistribusikan melalui fakultas masing-masing. (HUMAS)

15 Sep 2023

109 MAHASISWA LULUSAN FAKULTAS EKONOMI MENGIKUTI YUDISIUM PERIODE SEPTEMBER

Malang- Fakultas Ekonomi kembali menggelar Yudisium Periode September pada Jumat, (15/9) di Gedung Olahraga Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang. Adapun jumlah kelulusan yakni 109 mahasiswa, terdiri dari Program Studi Akuntansi sebanyak 68 lulusan dan Program Studi Manajemen sebanyak 41 lulusan.

Kegiatan Yudisium dihadiri oleh Dr. Willy Tri Hardianto, S. Sos, MM, MAP,
(Dekan Fakultas Ekonomi Unitri), Rizky Aprilia Dwi Susanti, SE., MM (Kaprodi Manajemen), dan Dr. Hendrik Suhendri, SE.,MSA (Kaprodi Akuntansi).

Yudisium merupakan rangkaian prosesi kelulusan dalam menyelesaikan masa studi mahasiswa menjadi sarjana di perguruan tinggi. Dalam sambutannya Dekan Fakultas Ekonomi Unitri, Dr. Willy Tri Hardianto, S. Sos, MM, menyampaikan selamat kepada lulusan dengan harapan ilmu yang didapatkan selama perkuliahan dapat menjadi bekal untuk memperluas manfaat ilmu pengetahuan.

“Selamat kepada seluruh lulusan hari ini, titipkan salam kami dan sampaikan kabar baik ini kepada orang tua kalian. Tetap semangat yah ini baru awal permulaan dari perjalanan kalian” ungkapnya.

Adapun lulusan terbaik dari masing-masing prodi yaitu Hanna Nur Janah dengan IPK 3.84 (Prodi Manajemen) dan Theresia F. Kolin dengan IPK 3,76 (Prodi Akuntansi). Rangkaian prosesi yudisium diakhiri dengan sesi foto bersama setelah penyampaian kesan dan pesan dari perwakilan mahasiswa dengan lulusan terbaik. (HUMAS)

31 Jul 2023

FAKULTAS EKONOMI UNITRI LULUSKAN 118 MAHASISWA DALAM YUDISIUM PERIODE JULI 2023

Malang- Bertempat di Gedung Olahraga Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang, 118 mahasiswa Fakultas Ekonomi resmi di yudisium pada Jumat (28/07). Peserta Yudisium berasal dari dua program studi yaitu Akuntansi dan Manajemen.

Acara yudisium dihadiri dan dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi UNITRI, Dr. Willy Tri Hardianto, S. Sos, MM, MAP , yang dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yudisium,

“Pertama-tama saya ucapkan selamat sudah sampai sukses yudisium yang dilaksanakan pada pagi hari ini terlihat dari wajahnya cerah, tersenyum karena sudah melewati kurang lebih 4 tahun di fakultas ekonomi ini. Tidak lupa juga sampaikan kabar gembira ini kepada orang tua dan keluarga di kampung halaman kemudian teman-teman, adik-adik dan mengajak mereka untuk bisa bergabung dengan unitri khususnya di fakultas ekonomi.” ungkapnya.

Ia juga berpesan agar alumni membawa nama baik almamater di luar sana saat terjun ke dunia kerja nantinya, serta pengalaman yang baik disebarkan dan cerita yang buruk cukup tinggalkan disini,

“Jangan lupakan almamater karena almamater itu adalah ibu yang akan selalu dikenang, baik buruk ia adalah ibu yang membesarkan kalian. Semoga almamater kita, UNITRI, bisa menjadi kenangan. Yang jelek tinggalkan yang baik disebarkan.” Tambahnya.

Sementara itu, dua mahasiswa peraih IPk tertinggi berasal dari Program studi Akuntansi atas nama Maria Imelda Wini Paila, S.Ak (3,78) dan Program studi Manajemen atas nama Fathorrosi, S.M (3,80). Turut hadir pula Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan masing-masing Kepala Program Studi. (HUMAS)

27 May 2023

LULUSKAN 170 MAHASISWA, FAKULTAS EKONOMI UNITRI HARAP MAHASISWA AMALKAN ILMU

MALANG – Fakultas Ekonomi Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang meluluskan sebanyak 44 mahasiswa Sarjana Program Studi Akuntasi dan 126 mahasiswa Sarjana Program Studi Manajemen dalam Yudisium Periode Mei 2023. Bertempat di Gedung olah Raga (GOR) UNITRI kegiatan ini diikuti secara antusias oleh seluruh peserta.

Dekan Fakultas Ekonomi UNITRI, Dr Willy Tri Harlianto, S.Sos., MM., MAP berpesan, tak hanya antusiasme mahasiswa yang luar biasanya, ke depan diharapkan mahasiswa dapat lebih mengamalkan ilmunya dan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

“Yudisium ini lumayan banyak (pesertanya) yakni sebanyak 170an mahasiswa yang memang puncaknya biasanya pada bulan-bulan seperti ini. Antusias mahasiswa juga luar biasa, mereka sudah menempuh pendidikan selama 4 tahun, dan harapannya kedepan mereka lebih baik lagi dan bisa mengamalkan ilmunya setelah lulus dari sini.”

Tak hanya itu, Dr Willy Tri Harlianto, S.Sos., MM., M.AP juga berpesan agar mahasiswa dapat menyebarkan kuliah hingga bangku kuliah pada anak-anak di kampung halaman. Sehingga mereka dapat berkuliah di UNITRI dan merasakan hal-hal yang menyenangkan di bangku kuliah. (HUMAS)

17 Feb 2023

GELAR YUDISIUM SEMESTER GANJIL 2022/2023, FAKULTAS EKONOMI UNITRI LULUSKAN 51 MAHASISWA

MALANG – Kamis (16/02) di Ruangan Fakultas Ekonomi juga telah berlangsung Yudisium Fakultas Ekonomi Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang. Sebanyak 34 mahasiswa Program Studi Akuntansi dan 17 mahasiswa Program Studi Manajemen berhasil lulus dengan predikat Cumlaude dan Sangat memuaskan.

Dalam yudisium semester ganjil 2022/2023 periode Februari tersebut, yudisium terbaik diraih oleh Ach Mulyadi dari Program Studi Akuntansi dengan IPK 3,84. Yudisium dihadiri oleh Dr Willy Tri Hardianto, S.Sos., MM., MAP (Dekan Fakultas Ekonomi), Dr Ahmad Mukoffi, SE., M.SA (Wakil Dekan Fakultas Ekonomi), Dr Hendrik Suhendri, SE., MSA (Ka Program Studi Akuntansi), Rizki Aprilia Dwi Susanti., SE., MM (Ka Program Studi Manajemen), serta dosen pengajar lain di Fakultas Ekonomi. (HUMAS)

10 Sep 2022

YUDISIUM FAKULTAS EKONOMI SEMESTER GANJIL 2022/2023

MALANG – Sebanyak 72 Mahasiswa Program Studi Manajemen dan 51 Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi mengikuti Yudisium Semester Ganjil 2022/2023 Periode September.

Dekan Fakultas Ekonomi, Dr Willy Tri Hardianto, S.Sos., MM., MAP berharap, mahasiswa tidak hanya menjadi lulusan yang berkualitas, tetapi juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar.

“Selamat sekali lagi, Semoga dapat berguna ilmunya tidak hanya menjadi karyawan nantinya kalau bisa jadi bos, kalau bisa menciptakan lapangan pekerjaan yang baru.”

Seperti diketahui, tahun ini yudisium sudah melalui periode ketiga. Selain sambutan, berlangsung pembacaan SK Yudisium oleh Wakil Dekan Fakultas Ekonomi, Ahmad Mukoffi, S.E., M.SA, dan penyerahan SKL maupun pemasangan selendang kepada mahasiswa terbaik oleh Dekan Fakultas Ekonomi. Adapun Mahasiswa Terbaik dari Prodi Manajemen diraih oleh Novianti Dewi Murti (IPK 3,77) dan Mahasiswa Terbaik dari Prodi Akuntansi diraih oleh Nadya Elia Putri (IPK 3,88). Kegiatan itu dihadiri oleh KPS Pro  Manajemen dan Akuntansi, serta dosen di lingkup Fakultas Ekonomi. (HUMAS)

30 Aug 2022

DOSEN FAKULTAS EKONOMI LAKUKAN PENYULUHAN PERPAJAKAN UMKM DI DESA DALISODO

MALANG – Tim Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang yang terdiri dari Dr Ahmad Mukoffi, SE., M.SA, Yayuk Sulistiyowati, SE., M.SA, Luh Dina Ekasari, SE., MM., AK dan Dr Willy Trihardianto, S.Sos., MM., M.AP menggelar penyuluhan perpajakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Dalisodo sebagai bagian dari bentuk pengabdian kepada masyarakat pada Selasa (22/08).

UMKM merupakan salah satu penyumbang daya tahan ekonomi nasional kita saat krisis tahun 1998 dan menyerap tenaga kerja informal yang banyak, sehingga memperoleh perhatian dan pembinaan pemerintah khususnya di bidang perpajakan. Namun karena akses informasi yang lemah oleh UMKM, pada umumnya mereka belum tentu mengerti dan memahami tentang manfaat pemenuhan kewajiban perpajakan, bagaimana cara dan metode yang harus dilakukan dalam memenuhinya dan risiko yang dapat dihadapi apabila UMKM mengabaikan Peraturan Pemerintah dimaksud. Kemampuan pemahaman tentang pentingnya melakukan pembukuan dan pemenuhan kewajiban perpajakan UMKM yang rendah ini mengakibatkan perkembangan usaha kecil ini sangat lambat karena akses terhadap informasi dan permodalan yang juga lemah.

Anggota tim abdimas, Yayuk Sulistiyowati, SE., M.SA,  menjelaskan, Pelaku usaha UMKM Di Desa Dalisodo berkembang cukup pesat, sebagian besar usaha yang mereka geluti adalah dibidang perkebunan, sapi perah dan usaha rumahan seperti toko, warung dan usaha makanan. Namun demikian kemampuan mereka dalam mengelola keuangan masih sangat kurang, hampir sebagian besar dari para pelaku usaha di desa Dalisodo belum memiliki catatan keuangan/laporan keuangan sehingga mereka juga belum memiliki NPWP dan pemahaman tentang pajak.

Adapun maksud dari pengabdian kepada masyarakat ini yakni memberikan pengetahuan pengurusan pajak serta pelaporan keuangan pada pelaku UMKM di desa Dalisodo. Kegiatan ini menghadirkan pelaku usaha UMKM di daerah Dusu Bedali, Desa Dalisodo Kecamatan Wagir.

Kegiatan ini mendapatkan sambutan baik dari pelaku Usaha UMKM. Mereka berharap dapat mengaplikasikan wawasan yang didapatkannya sehingga dapat membantu dalam mengelola usaha yang selama ini digelutinya. (HUMAS)